Tuesday, June 17, 2008

Kontemplasi


Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. 2008.

Minggu lalu seorang kawan baik, Rama, mengajak saya ke kepulauan Seribu selama tiga hari. Ia sedang melakukan penelitian bawah laut bersama timnya dari Institut Pertanian Bogor dan dia sangat berbaik hati mengijinkan saya untuk ikut. Tentu saya senang karena Kep. Seribu merupakan salah satu tempat yang belum pernah saya kunjungi, walau masih berada di kawasan Jakarta.

Berada didalam laut merupakan pengalaman tersendiri buat saya. Saya selalu menyadari akan keindahan dunia bawah laut dan saya tidak merasa perlu membuktikan hal itu. Namun saya menyadari sesuatu saat berada dibawah sana. Sekeliling menjadi sunyi sepi, tiada suara selain nafas, tak ada percakapan yang asyik, tak ada suara angin semilir, sepi dan diam titik, hanya kita dan laut. Kita manusia, ternyata begitu kecil dan sendiri ditengah laut yang besar. Namun kenyataan tersebut tidak menakutkan namun menenangkan, terasa damai bukan sepi. Laut kini sungguh menjadi teman baru saya. Tempat saya leluasa berbincang dengan alam, dengan diri saya sendiri. Berkontemplasi

Saya yakin semua orang pasti pernah melakukannya, baik secara sadar maupun tidak. Saya sering melakukannya saat dalam perjalanan. Saat duduk di kereta, di bus, di puncak gunung atau ketika sekadar menunggu lelap datang di malam hari. Semua membuat perjalanan saya makin berarti. Menunggu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang selalu ada. Entah yang terucap atau yang tidak. Tapi jawaban pasti ada seperti halnya adanya pertanyaan-pertanyaan itu.

Juni 2008.

No comments: