Saturday, May 24, 2008

Black and White


Perayaan Waisak di Borobudur, Magelang

Black & White, hitam dan putih, dua hal yang saling bertolak-belakang. Layaknya perdamaian dan kekerasan. Saya kembali lagi ke Yogyakarta minggu pagi (18/5) untuk memotret acara Waisak di Candi Borobudur, Magelang bersama beberapa kawan dari Galeri Foto Jurnalistik Antara. Sebuah kerinduan pada Jogja membawa saya kembali.

Pada hari Waisak (20/5), ribuan orang berkumpul di Candi Borobudur memperingati hari suci umat Buddha. Sebuah acara yang merefleksikan kedamaian, perdamaian dalam hati walau bisa dibilang cenderung seremonial saja. Beberapa kawan dari Jogja mengatakan acara tahun ini jauh lebih kecil daripada tahun sebelumnya. Mungkin karena Waisak tahun ini dipusatkan di Jakarta. Satu hal yang terlihat jelas adalah banyaknya fotografer, menurut kawan saya yang ikut bersama salah satu rombongan klub foto jumlahnya mencapai hampir 500 orang dari satu rombongan saja.

Selasa sorenya saat bertolak kembali menuju Jogja, kawan-kawan dari Galeri Antara pamit pulang terlebih dahulu. Mereka mengejar kereta malam untuk kembali ke Jakarta. Saya memang sudah merencanakan untuk tinggal beberapa hari lagi.

Keesokan harinya ada kabar dari SMS yang diterima kawan saya. "Ada demo besar menentang kenaikan BBM besok, dijamin bentrok!". Hari itu dibeberapa kota besar memang direncanakan akan ada demonstrasi besar-besaran menentang kenaikan harga BBM oleh pemerintah.

Saya menuju ke jalan Malioboro, tepatnya di gedung Agung, istana negara di Yogyakarta. Demo oleh beberapa organisasi mahasiswa berjalan tertib dan cenderung tenang, hal itu berlangsung sampai siang. Keadaan mulai berubah dari adem-ayem menjadi 'tidak biasa' saat polisi mulai memasang pagar kawat didepan istana. Attitude dari massa rombongan mahasiswa yang berorasi pun berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya.

Saat massa mulai membakar ban dan 'ogoh-ogoh' didepan kawat berduri, suasana berangsur panas, secara emosi dan tentu juga secara harafiah. Baik polisi yang dilengkapi dengan tameng dan pentungan serta mahasiswa harus bekerja keras menjaga emosinya masing-masing.


Demonstrasi Menolak Kenaikan Harga BBM, Yogyakarta.

Kericuhan terjadi saat para mahasiswa bergerak kedepan kawat berduri dengan bambu-bambu panjang untuk menembus barikade. Adrenalin saya semakin terpacu untuk memotret dalam keadaan seperti itu. Saat mahasiswa mulai melempari aparat dengan bambu dan botol minuman, Polisi pun tidak bisa menahan emosi, banyak dari mereka yang berlari mengitari pagar berduri dan mengejar para mahasiswa yang memprovokasi mereka.

Saya ikut berlari dibelakang para polisi yang sangat emosional dan dilengkapi dengan senjata. Kejadian tersebut berlangsung cepat. Beberapa mahasiswa dikeroyok serta dipukuli dengan senjata tumpul. Terdengar jelas suara hantaman senjata yang bertubi-tubi. Beberapa dari mereka dibawa ke markas. Tercatat ada empat orang mahasiswa yang ditahan. Para polisi yang mengejar para mahasiswa juga langsung disidang ditempat oleh atasannya.


Seorang Demonstran dibawa oleh Aparat setelah bentrok

Setelah ricuh, keadaan mulai berangsur mendingin. Massa mahasiswa tidak lagi sebanyak sebelumnya. Banyak yang terlihat memisahkan diri dan pulang. Tuntutan mahasiswa mengenai pembatalan kenaikan BBM pun samar-samar dan hanya sesekali terdengar. Ejek-ejekan antara mahasiswa dan aparat lebih banyak menghiasi sisa demonstrasi hari itu. Para mahasiswa membubarkan diri pukul enam setelah pihak polisi bersedia memenuhi tuntutan mahasiswa: 'mengobati' mahasiswa yang dipukul.

Hitam dan Putih, dua hal yang berbeda. Salah satunya tidak bisa hilang agar yang lainnya tetap ada. Saat hitam atau putih berganti menjadi abu-abu, kita akan bertanya-tanya apakah ia akan menjadi hitam atau putih kembali?

5 comments:

Karolus Naga said...

5 tamu baru di mawar ... juniornya momo.

ah foto terakhir ^:)^

Rony Zakaria said...

ah sayang gua ga disana melihat kelahiran itu.

salam dari Jakarta.

yenny said...

Pengen ke borobudur :(

akbar said...

Hitam dan putih <- konsekuensi dari dunia yang sifatnya dualistis.

Anonymous said...

порно фото малолетние http://free-3x.com/ порно онлайн очень юные free-3x.com/ студенчиское частное порно фото [url=http://free-3x.com/]free-3x.com[/url]