Friday, February 22, 2008

Ruining My Negatives!

Saya akhirnya memproses sendiri film bw di rumah minggu kemarin. Ada tujuh roll film yang saya proses hari itu. Proses tersebut menghabiskan waktu empat jam dari meracik cairan chemical foto, developing dan mengeringkan negatif.

Semua tampak berjalan mulus, saat selesai di proses, hampir semua negatif memperlihatkan exposure yang oke. Namun kesalahan datang pada akhir, saat mengeringkan negatif film saya gantung di ruang terbuka, di tali jemuran. Saat saya melihat frame demi frame di setiap negatif yang ada, banyak bercak yang mengotori gambar. Bercak-bercak itu merupakan debu-debu yang terbawa oleh angin.

Ini dua frame dari hasil scan negatif-negatif saya. Kesalahan terjadi namun pelajaran berharga didapat.


Sarinah, Banjir Jakarta 2008.


Jalan Sabang, Banjir Jakarta 2008.

No comments: