Saturday, December 15, 2007

Menuju Surabaya


Relaxed

Besok pagi saya akan bertolak ke surabaya dengan Bus dari terminal Ubung, Denpasar kemudian dari Surabaya baru akan bertolak ke Jakarta tanggal 26 desember nanti.

Pada akhirnya saya tidak memotret apa-apa di Bali. Namun saya menemukan apa yang saya cari. Saya belajar kembali untuk menjadi orang yang lebih simple, tidak berpikir terlalu rumit. Teringat saya pada Seseorang di Kamboja, ia pernah mengatakan "Don't think to make good photographs, think what you want to say, it's that simple", jangan berpikir untuk membuat sesuatu yang bagus, indah, besar terlebih dahulu, pikirkan apa yang sebenarnya ingin kau katakan, sangat sederhana. Kata-kata tersebut sangat mengena buat saya, pertama sebagai manusia kemudian sebagai fotografer.

Apa sih yang sebenarnya kita inginkan? Apa yang mau kita katakan? Apakah kita hanya mau pamer belaka atau ingin menyampaikan sesuatu dalam hidup kita? Pertanyaan-pertanyaan baru pun bermunculan dan hanya diri kita sendiri yang tahu jawabannya.

Rasanya diri ini hidup kembali saat merasakan pasir pantai yang kasar di kulit dan air laut yang hangat di tubuh. Angin pantai yang menerpa seakan membisikan jawaban ke hati dan pikiran yang sedang bertengkar. Seketika damai terasa. Beban hilang seketika, saya tidak lagi terlalu terbebani tentang hidup 5 tahun kedepan, 1 tahun kedepan bahkan untuk keesokan harinya. Saya akan melakukannya step by step, hari demi hari.

Sekarang saya mengikuti hati untuk pergi ke Surabaya. Dan kali ini untuk memotret. Pasti.

4 comments:

emi said...

such a nice self-contemplation, it's inspiring to have those kind of thoughts :)

yenny said...

hati hati yak ! :)

rdt said...

Ron, ada ajakan trip ke desa Sawarna akhir taon ini euy... berminat?

Karolus Naga said...

kadang yang simpel sekalipun susah dimengerti ... why is that??? any idea ..