Friday, November 30, 2007

Last Stop: Bangkok


Jalan dari Siem Reap menuju Poipet Border

Hari ini saya meninggalkan Siem Reap, Kamboja setelah berada 2 minggu disana untuk festival foto angkor. Tujuan saya setelah Siem Reap adalah Bangkok, saya akan bertolak ke Jakarta dari sana. Dari Siem Reap saya kembali mengambil rute yang hampir sama saat pergi yaitu lewat jalan darat Siem Reap - Poipet - Aranyaprathet - Bangkok. Kali ini saya naik bus yang harga tiketnya $15.

Bus sampai di Bangkok pukul 8 malam. Saya memutuskan untuk bermalam di daerah backpacker Khao San Road, kawasan ini mirip amat populer di kalangan backpacker. Mirip dengan Jalan Jaksa di Jakarta namun berkali-kali lipat lebih besar.


Khao San Road, Bangkok

Keesokan harinya saya pergi ke kawasan Sukumvit untuk menemui kawan lama saya dari Kanada, Kloie Picot. Dia sedang mengikuti workshop foto bersama James Nachtwey dan David Alan Harvey. Ia dengan baik hati mengajak saya masuk ke ruang meeting di Dream Hotel, tempat dimana workshop berlangsung, untuk melihat proses editing terakhir hasil karya perserta workshop. Malam ini para peserta workshop tersebut akan memproyeksikan karyanya. Sayangnya saya tidak bisa menghadiri acara tersebut karena pesawat menuju Jakarta berangkat pada waktu yang sama.


Suvarnabhumi Airport Bangkok

Saya pergi ke Suvarnabhumi Airport naik taksi, tidak terlalu mahal dibandingkan dengan taksi di Jakarta. Sekarang saya sudah berada di ruang tunggu boarding untuk pesawat ke Jakarta pukul 8.15. Tidak terasa sudah dua minggu lebih saya berada di luar Indonesia. Banyak sekali yang saya alami dan butuh waktu yang lama untuk dicerna sesampainya di Jakarta.

Saya sudah memutuskan minggu depan saya akan berangkat ke Bali. Untuk relax, bertemu kawan dan mungkin, mungkin memotret.

No comments: