Monday, October 15, 2007

Freedom from Fear

"It is not power that corrupts but fear. Fear of losing power corrupts those who wield it and fear of the scourge of power corrupts those who are subject to it."
Kutipan tersebut berasal dari Daw Aung San Suu Kyi, pemenang nobel perdamaian asal Burma, yang masih menjalani tahanan rumah di bawah pemerintah Junta Militer Myanmar. Saya banyak memikirkan tentang kebebasan, kebebasan dari ketakutan. Tidak, saya tidak berbicara mengenai politik disini, namun sesuatu yang sangat sederhana dan secara bersamaan sangat esensial, yah setidaknya buat saya yaitu kebebasan dari diri sendiri.

Saya ingin menjadi orang yang merdeka. Tidak terlalu memikirkan apa pendapat orang lain, tidak takut apa yang dianggap orang lain, tidak cemas berlebihan tentang apa yang akan terjadi. Mungkin terdengar sedikit self-centered atau egois, tapi bukankah perbedaan antara cinta dan benci juga setipis kertas?

Mungkin, mungkin apabila saya bisa melawan ketakutan mendalam itu, ketika itu saya sudah satu langkah di alam kemerdekaan. Saat apa yang saya lakukan benar-benar apa yang saya inginkan. Tidak memerintah dan tidak diperintah seperti kata alm. Pram.

Itulah saat dimana mungkin menjadi pasti.

1 comment:

Joell de Franco said...

San suu kyi, one of great women in the world...
Saya yakin sampeyan bisa seperti apa yang sampeyan idamkan itu, apa sih susahnya jadi seperti yang sampeyan inginkan itu? apalagi sampeyan juga udah punya hal2 yang harus dilewati, jadi ya tinggal hajar aja semua penghalang itu...semangat!!!!!!!