Thursday, April 19, 2007

A Picture Means a Thousand Worth



Minggu lalu, pameran kami "Unbreakable" di Galeri Foto Jurnalistik Antara dikunjungi oleh salah satu fotografer senior ternama Indonesia, Om Don Hasman. Beliau boleh dibilang termasuk sesepuh di dunia fotografi Indonesia dan merupakan fotografer terkemuka dalam fotografi perjalanan. Usianya boleh dibilang sudah cukup tua jika dilihat dari kerut wajahnya serta rambutnya yah sudah memutih seluruhnya namun dari pancaran muka serta semangat beliau ketika memberikan wejangan-wejangan dan masukan untuk kami, pada fotografer muda, rasanya ia tak kalah mudanya dari kami.

Dalam kesempatan ini ia menyempatkan untuk mengomentari beberapa foto yang dipamerkan. Masukan-masukan kami dapatkan dari beliau terutama teknis fotografi. Namun ada juga wejangannya diluar teknis yang sangat mengena bagi saya.

"A picture means a thousand worth" ia menjelaskan sebuah kalimat yang terkenal namun ia menggantinya sebuah kata yang seharusnya "A picture means a thousand words".


Beliau kemudian melanjutkan mengenai perbedaan antara foto story (cerita) dengan foto essay, yang membedakan foto essay dengan foto story menurutnya adalah "foto story mencerminkan opini dari si fotografer kepada suatu masalah atau tema yang ia tangkap".

Sangat bersahajanya beliau juga merupakan contoh bagi kami yang muda-muda yang terkadang arogan dan sok tahu. Saya mempunyai perbedaan pendapat dalam beberapa hal yang disampaikan beliau namun tidak sedikit yang bisa saya ambil dari pengalaman beliau.

Kita bisa melihat seorang yang besar dalam jiwa dan pemikiran dari perkataannya dan om Don Hasman salah satunya.

No comments: