Wednesday, March 21, 2007

Baca Baca Baca

Buku, buku dan buku. Itulah benda yang paling banyak menghiasi hari-hari saya belakangan ini. Beberapa bulan terakhir saya menghabiskan banyak waktu di rumah. Skripsi menjadi agenda utama yang harus diselesaikan, membuat saya tidak bisa meninggalkan Jakarta dan tentu saja mengurangi kegiatan memotret, setidaknya sampai skripsi selesai.

Membaca menjadi alternatif penghilang bosan karena berbagai alasan yang menurut saya sangat masuk akal. Pertama buku lebih murah daripada pergi ke bioskop setiap hari atau sebuah iPod yang harganya tentu akan membuat saya kesal lebih dahulu sebelum menggunakannya. Kedua membaca buku tidak sulit dan bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, termasuk di wc saat buang hajat. Dan yang ketiga dan yang paling penting: buku membuatmu pintar atau paling tidak membuatmu merasa pintar.

Buku yang saya baca bermacam-macam mulai dari novel fiksi sampai jurnalisme investigatif, dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Untuk alasan tertentu saya lebih menyenangi buku asli berbahasa inggris daripada terjemahan Indonesia tetapi akhir-akhir ini saya lebih banyak membeli terjemahan atau karya sastra Indonesia karena lebih murah harganya.

Salah satu karya yang melekat di hati saya adalah tetralogi Buru Pramoedya Ananta Toer yang merupakan seri yang terdiri dari empat buku (Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, Rumah Kaca). Namun apabila ditanya mengenai buku yang inspiratif, saya akan menjawab The Alchemist nya Paulo Coelho dan From Beirut to Jerusalem oleh Dr. Ang Swee Chai. Dan tentu saja saya tidak bisa menjelaskannya, anda harus membacanya sendiri.

Saya kira masih dua bulan lagi sampai skripsi saya selesai tuntas dan sampai saat itu tiba, hanya buku-buku yang bisa menghiburku. Banyak membaca telah memberikanku pelajaran, bahwa selain membaca saya juga harus bisa menulis dan tentu saja tidak hanya terbatas menulis skripsi saja. Semoga skripsi saya selesai pada waktunya, kemudian saya akan mulai belajar menulis lagi. Sementara itu saya akan menenggelamkan diri saya kembali pada bab-bab skripsi dan buku yang sedang kubaca sekarang, To Kill A Mocking Bird oleh Harper Lee.

No comments: