Sunday, December 17, 2006

Pameran Foto Dialogue With Nature di Banda Aceh


Tari asal Aceh yang merupakan bagian dari acara pembukaan.

Tanggal 13 Desember 2006, pameran foto Dialogue with Nature resmi dibuka di kota Banda Aceh tepatnya di gedung Dayan Dawood, Universitas Syiahkuala. Pameran foto karya presiden Soka Gakkai Internasional Dr. Daisaku Ikeda, memamerkan 63 foto karya Dr. Ikeda dan foto-foto karya IPO, KNPI dan pewarta foto Aceh.


Tari asal Aceh yang merupakan bagian dari acara pembukaan.

Saya kebetulan sedang berada di Banda Aceh ketika pameran ini akan dibuka, saya sedang berada di Aceh dalam rangka meliput pilkada Aceh dan membuat foto story disana. Saya disana tidak sendiri, ada juga anggota SGI lainnya, seperti Pak Peter, Taguchi-san, Handrio, Ibu Wang Chen dari Jakarta, Novianti dan Elizabeth dari Pematang Siantar, Maya anggota dari Palembang, Natsko-san dari Aceh serta Urara-san dari kota Jogjakarta. Ikut serta pula fotografer dari Kompas, Bang Arbain Rambey sebagai panitia pengarah pameran.


Pembukaan pameran yang ditandai oleh pemotongan pita.

Pada pembukaan pameran tanggal 13 Desember sendiri, orang yang datang terbilang cukup sedikit, hanya 154 orang, mungkin pemberitaan pameran ini masih terbayang dengan pemberitaan pilkada aceh yang baru berlangsung ada 11 Desember lalu. Namun pada hari kedua, jumlah pengunjung ramai sekali, tercatat orang yang datang 1700 pengunjung. Antusiasme pengunjung sangat tinggi, sangat jauh dibandingkan dengan Jakarta. Mungkin hiburan di Banda Aceh sangat kurang, bioskop, mall dan kolam renang sama sekali tidak ada di kota ini, bandingkan dengan Jakarta yang mempunyai puluhan Mall, bioskop dan tempat2 hiburan lainnya. Jadi pameran foto ini bisa jadi menjadi hiburan yang sangat berharga bagi masyarakat kota Banda Aceh.


Dua pengunjung sedang menikmati foto karya Dr. Ikeda.

Pameran di Banda Aceh ini akan berlangsung sampai tanggal 21 Desember mendatang. Saya sendiri sudah kembali ke Jakarta tanggal 15 Desember kemarin, di Banda Aceh masih tinggal Handrio dan Maya untuk menjaga pameran sampai 21 Desember nanti. Selamat berjuang dan bekerja untuk Handrio dan Maya.


Foto bersama panitia (dari kiri : Urara-san, Novianti, Ibu Wang Chen, Elizabeth, Maya, Handrio, Pak Peter, Taguchi-san, Saya sendiri).

No comments: