Friday, July 28, 2006

Bukan Pasar Malam

"Dan di dunia ini, manusia bukan berduyun-duyun lahir di dunia dan beduyun-duyun pula kembali pulang... seperti dunia dalam pasarmalam. Seorang-seorang mereka datang… dan pergi. Dan yang belum pergi dengan cemas-cemas menunggu saat nyawanya terbang entah ke mana.”

Pramoedya Ananta Toer dalam Bukan Pasarmalam


Saya baru saja selesai membaca buku "Bukan Pasar Malam" karya alm. Pramoedya. Sebenarnya saya sudah lama ingin membaca karya-karya Pram, namun baru sekarang bisa kesampaian membaca salah satunya. Saya tertarik dengan cara Pram bercerita secara sederhana mengenai seorang seorang anak yang harus menghadapi beberapa masalah sekaligus, mulai dari kondisi keluarga yang miskin, rumah yang sudah tua, istri yang cerewet serta ayahnya, seorang guru, yang sakit TBC.

Kisah tersebut disampaikan dengan cara yang menarik tetapi tetap sederhana sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat mengena tanpa tercemar kerumitan cerita. Pram dalam cerita ini juga menyisipkan beberapa kritik terhadap pemerintah yang dikatakannya hanya memperkaya diri sendiri. Namun ada satu pesan yang sangat mengena bagi saya ketika membaca karyanya ini.
"Dan terasalah olehku betapa gampangna orang yang hidup dalam kesengsaraan itu kadang-kadang - dengan diam-diam - menikmati kebahagiaan."

Pesannya sungguh menyentuh bagi saya atau orang lain yang mungkin hidup berkecukupan namun terkadang tetap tidak bahagia akan yang sudah kita dapat. Sometimes we take something/someone for granted and don't realize how happy we should be..

Secara keseluruhan saya terkesan dengan karya Pram ini dan tidak sabar untuk membaca karyanya yang lain. Saya sekarang sedang membaca buku "Panggil Aku Kartini Saja" yang merupakan biografi dari R.A Kartini oleh Pram. Setelah selesai saya akan memberikan komentar saya di blog ini.

2 comments:

PIALA DUNIA 2014 said...

nice thread. nice post. smoga bermanfaat
PIALA DUNIA 2014

PIALA DUNIA 2014 said...

info yang bagus. semoga bermanfaat bagi kita semua.
keep update! :)
PIALA DUNIA 2014