Tuesday, June 20, 2006

Jurnalis : Wakil Rakyat?

Jurnalis atau wartawan, menurut saya adalah profesi yang sangat menantang dan menarik untuk dijalani. Saya memang bukan seorang jurnalis namun jika lulus kuliah nanti saya ingin sekali menjadikan profesi ini jalan hidup saya (seorang jurnalis foto). Why? mungkin banyak yang bertanya, "Ron, lo uda kuliah capek-capek kok jadi wartawan? Gak Nyambung dengan kuliah dong". Menjawab pertanyaan tersebut saya cuma bisa mengatakan, profesi jurnalis adalah profesi menurut saya cocok dengan pemikiran dan penyaluran idealisme saya.

Saya memandang jurnalis sebagai wakil dari rakyat. Mengapa? Karena seperti halnya DPR yang (seharusnya) mewakili rakyat dalam hal menyampaikan aspirasinya , Jurnalis juga mempunyai kedudukan yang hampir sama kalo tidak bisa dibilang sama. Itu karena seorang jurnalis mewakili pandangan rakyat yang membaca, melihat atau mendengar berita dari peristiwa yang dilihatnya. Opini, pendapat atau pandangan dari rakyat terhadap suatu issue terbentuk dari berita yang seorang jurnalis tulis, sampaikan melalui text, foto atau gambar. Oleh sebab itu wartawan selalu diberi hak akses lebih daripada seorang awam biasa. Dimana hak akses dan kemudahan tersebut merupakan hak yang diberikan oleh rakyat, karena jurnalis bertugas sebagai "perwakilan mata" rakyat. Setidaknya itu menurutku.

Pekerjaan yang menarik, menantang tapi sekaligus sangat serius karena penuh tanggung jawab moral. Itulah sebabnya saya ingin sekali menjadi seorang jurnalis foto, selain tentunya karena seru, kerjanya di lapangan dan pengetahuan jadi banyak. Yah, itulah pandangan saya terhadap profesi tersebut.

Jadi ingat lirik dari lagu Bang Iwan, "Wakil Rakyat, seharusnya merakyat....."

No comments: