Wednesday, September 14, 2005

11 September 2005

Pada tanggal 11 september 2005 saya bertemu dengan Henri Ismail, setelah beberapa minggu sebelumnya melakukan contact via email. Saya bertemu dengan Henri bersama dengan teman-teman fotografer lainnya di food court Plaza Indonesia. Hadir saat itu saya, Henri, Irvien Vedria, Syakhlani dan Sihol.

Kami berbicara dan ngobrol cukup lama, mulai dari merek kamera sampai membicarakan pengalaman fotografi masing-masing. Pada akhirnya kami membicarakan tentang konsep komunitas fotografi jurnalistik yang ingin kami bentuk dan rencana-rencana yang akan dilakukan ke depannya. Saya sendiri cukup senang dapat berdialog dengan teman-teman yang mempunyai pandangan yang sama mengenai fotografi. Saya belum pernah bertatap muka sebelumnya dengan mereka namun suasana dialog cukup akrab dan enak seperti halnya saya sudah kenal lama dengan mereka. Kami berpisah pukul 18.30 setelah ngobrol hampir 4 jam dari pukul 15.00, setelah sebelumnya mencatat nomor kontak masing-masing dan merencanakan untuk bertemu kembali 2 minggu lagi.

Saya pulang dengan nebeng motor bung Syahklani, untuk pergi ke plaza semanggi untuk bertemu dengan teman fotografer yang lain yaitu mbak Sisca dan suaminya Mas Dhiaz yang pada malam itu merayakan anniversary pernikahannya yang pertama. Saya cukup terkejut dengan keramahan orang-orang yang baru saya temui pertama kali ini, namun sangat ramah dan akrab. Kami berbincang sebentar sambil menunggu teman lain yang akan datang ke perayaan anniversary pernikahan mbak Sisca dan mas Dhiaz.

Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya kami pergi ke tempat makan yang direncanakan. Disana saya berkenalan dengan pak Aryono Huboyo Djati dan Pak Djoni Kommarudin. Saya sudah sering mendengar nama pak Aryono namun baru kali ini saya bisa bertemu dengan beliau secara langsung. Kami ngobrol sambil makan (makasih atas traktiran the loving couple). Terlepas dari image saya tentang pak AHD yang seorang fotografer terkenal, saat itu saya merasakan bertemu dengan seorang yang bersahabat, bersahaja dan penuh dengan lelucon. Sungguh beruntung saya bisa bertemu seorang seperti itu.

Ada satu perkataan pak Aryono yang memberikan kesan yang amat mendalam bagi saya. Ketika itu Bang Syahklani menanyakan kepada pak AHD tentang bagaimana caranya mencari sponsor....Ia kemudian bercerita tentang masa lalunya dahulu ketika ia masih sekolah di Jepang. Disana pak AHD sekolah dengan kondisi yang susah (kere) dan disana ia bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa dari Indonesia juga yang sama-sama susah dan menjalin hubungan baik dengan mereka. Dan sekarang, mahasiswa-mahasiswa tersebut ada yang tetap jadi seorang fotografer (pak AHD), ada yang jadi Dirut, ada yang jadi petinggi dan hubungan baik tetap terjaga sehingga ada koneksi yang kuat untuk pak AHD. Lalu pak AHD mengatakan suatu hal, bahwa kita harus selalu menghargai orang lain. Saya amat tersentuh ketika ia mengatakan hal tersebut. Seakan tersadar dan bersyukur ada yang bisa mengingatkan saya. Koneksi yang ia (pak AHD) punya sekarang bukan karena nasib baik namun karena ia selalu bisa menghargai orang lain. Dari saat itu saya ingin mengubah diri untuk lebih menghargai orang lain.

Setelah selesai makan dan tempat makan hampir tutup, saya pun menduga kita akan pulang ke tempat masing2, ternyata tidak..... Pak Aryono mengajak kami semua untuk pindah ke sebelah untuk makan ice cream. Dan kamipun lanjut berbicara, sambil melihat-lihat kamera legendaris Leica milik pak AHD dan beberapa foto yang ia ambil. Setelah selesai berbincang disana ternyata kami pun berlanjut ke cafe diatas yang masih buka. Disana setelah diceritakan oleh mas Dhiaz, saya baru mengetahui bahwa pak AHD itu yang menciptakan lagu Burung Camar yang sering dinyanyikan oleh Vina Panduwinata. Kebetulan disana ada sebuah piano dan pak AHD pun memainkan beberapa lagu termasuk lagu burung camar.

Malam pun sudah larut dan kami pun pulang ke rumah masing-masing. Saya amat berterima kasih pada Bang Lani yang telah memperkenalkan saya ke banyak teman hari ini, suami-istri yang romantis tapi gaul (Mbak Sisca dan Mas Dhiaz), pak Aryono yang energik dan ramah serta Om Djoni yang demen sama macro photography. Saya amat lelah namun amat senang karena hari ini dapat berkenalan dengan teman-teman baru. Saya pun akhirnya pulang nebeng motor Bang Lani. Sampai rumah jam 12 kurang, mandi kemudian tidur lelap.....

What a day! , a long yet a great day....

3 comments:

Edennya said...

Indah bgt zak.. Ga tau dech kenapa.. Tapi banyak lika-likunya.. er jadi kaya dibawa keliling-liling tempat.. hehehe....
Banyak juga yach orang yang bener2 "orang", seperti harapan lu yang lu temui.. hehehe...
Oia.. dibuat film juga bagus tuh post lu, hehehe..
Kaya ketemu dengan orang impian gitu dech..
Tha...

Meet New Peoples said...

Hi friends,

How are you and how was the day?

Excellent Information!! If you would like to see more great Tips & Information follow me..........
Discount London Hotels Information
Paris Hotels Information
Cheap New York Hotels | Discount New York Hotels
Best Investment Advice | Online Investment Information
Washington Hotels Information
Free Online Dating Tips
Online Dating Tips
Internet dating advice, safe dating advice
Web Hosting Resources Central
Advertising tips | Effective advertising techniques
Online Casino Games
Video Information so, please use this websites for u & for your friends OR please don’t remove this comment.


Best Regards,
Travel

Baca iptek said...

Tips dan Trik SEO Blog, Website, Template Dan Adsense.