Tuesday, August 23, 2005

Rony Zakaria in a few paragraph

Saya dilahirkan pada tanggal 21 Juni 1984, hari dimana presiden pertama Indonesia, Sukarno wafat 14 tahun sebelumnya. Saya dibesarkan di sebuah keluarga yang berkecukupan sehingga saya dapat mengenyam pendidikan sampai jenjang Universitas yang sedang saya jalani sekarang.

Pendidikan saya dimulai dari TK Santa Monica di tanjung duren, Jakarta. Kemudian dilanjutkan ke sebuah sekolah katolik, SD dan SMP Tarsisius II di daerah Batusari. Selama 9 tahun sekolah di Tarsisius saya hampir selalu berjalan kaki untuk pergi ke sekolah karena jaraknya hanya 5 menit jika berjalan kaki dari rumah :)

Tiga tahun masa SMU saya dihabiskan di SMU Kemurnian II di Green Ville. Pada masa SMU ini terjadi sebuah kejadian yang menjadi salah satu turning point of my life. Dimana mungkin jika hal tersebut tidak terjadi, saya akan menjadi seorang tamatan SMU saja.

Setelah 3 tahun main-main di SMU saya pun berlabuh di Universitas Bina Nusantara (juga jaraknya hanya 5 menit dari rumah) mengambil jurusan Teknik Informatika dan Matematika, seharusnya jika saya rajin lulusnya hanya 4.5 tahun. Lumayan gelarnya untuk menarik hati calon mertua nanti hehehe.... Saya juga bekerja untuk Universitas saya sebagai staff research di Lab. Software, tempat saya bernaung selama paling tidak 3 tahun.

Baru-baru ini saya juga menemukan dunia baru yang sangat saya nikmati, yaitu fotografi. Kira-kira setahun lalu saya mendapatkan kamera pertama saya, mulai dari sana saya mulai menyenangi dunia fotografi ini. Awalnya saya menganggap fotografi adalah sebuah media untuk menng-capture sesuatu yang indah, namun saya sadar bahwa fotografi bakal lebih berarti jika menangkap realita kehidupan, sesuatu yang mungkin kebanyakan orang sering mendengar namun tidak pernah melihat. Sejak saat itu saya semakin mendalami fotografi terutama jurnalistik dan human interest untuk mendokumentasikan realita yang terjadi pada kehidupan sehari-hari baik yang indah maupun yang tragis.