Tuesday, August 23, 2005

Ketidakpedulian yang Menakutkan

Baru-baru ini saya membuat sebuah foto essai (sebuah kumpulan foto-foto yang bercerita mengenai sebuah tema) untuk tugas kuliah saya. Tema yang saya angkat dalam foto essai saya adalah Ignorance (ketidakpedulian).

Saya mempunyai banyak pertimbangan dan alasan mengapa tema tersebut saya angkat ke dalam foto essai saya. Ketidakpedulian terkadang dianggap suatu tindakan yang sepele, kurang menakutkan seperti halnya terorisme, perampokan dan perang. Namun bagi saya ketidakpedulian adalah sebuah kata yang sangat mengerikan. Mengapa saya sebut mengerikan? Karena semua yang kebusukan yang terjadi di dunia ini justru berawal dari ketidakpedulian, yang justru dianggap sepele. Faktor inilah yang menyebabkan saya mengangkat tema ini, agar orang tidak underestimate pada ketidakpedulian.

Foto-foto yang digunakan dalam foto essai ini, diambil di beberapa tempat di Jakarta. Mungkin banyak orang yang sering mendengar tentang masalah-masalah yang ada di kota besar, seperti kemiskinan, tuna wisma, anak jalanan namun blm pernah melihat seperti apa sebenarnya. Melalui foto-foto, saya akan mencoba untuk memperlihatkan sedikit realita dari kehidupan kota besar seperti Jakarta, sebuah sisi lain selain gemerlapnya kehidupan kota besar.

Tujuan saya membuat foto essai ini bukan sekedar untuk tugas kuliah saja, tapi dari dalam hati saya ingin mengajak teman-teman, terutama generasi muda Indonesia agar jangan sampai kita tidak peka dan tidak peduli dengan apa yang terjadi di negara ini. Namun justru kita harus menjadi generasi yang kritis, bukan hanya kritis dalam ucapan namun juga dalam perbuatan. Janganlah kita menunggu untuk bergerak karena seorang yang muda justru harus memulai!

Akhir kata, saya sebagai salah satu generasi muda Indonesia percaya bahwa cita-cita Indonesia yang makmur dan jaya bukanlah suatu Utopia belaka jika kita mau peduli dan mulai bergerak untuk bangsa ini sesuai dengan kemampuan masing-masing.



Link to Photo Essay (html & flash)
Download Photo Essay (exe)